Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri atau yang biasa disebut sebagai SPP, merupakan sekolah menengah kejuruan yang terletak dibilangan Ciganjur. Seperti namanya, sekolah ini merupakan sekolah yang mengajarkan tentang basic-basic pertanian. Untuk mencapai tempat ini, diperlukan tenaga yang cukup lumayan(bagi pejalan kaki). Karena sekolah ini agak sedikit jauh dari jalan umum. Awal masuk gang-nya sih biasa saja, namun setelah beberapa meter akan tampak jalan menurun yang “agak sedikit” terjal yang kemudian akan diikuti oleh jalan menanjak yang hampir mirip dengan jalan menurun tersebut. Yang lebih kacau lagi, sebelum jalan menanjak usai, kita diharuskan berbelok memasuki gang yang dimana kita akan menemukan sebuah pagar berwarna hijau dan plang yang bertuliskan “INSTALASI BALAI BENIH INDUK TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KEBUN CIGANJUR”. Nah SPP ada di dalam BBI ini.

Ayahku yang mendaftarkan aku ke tempat ini. Tidak tahu karena apa, yang jelas uang pangkal tidak sampai 1 juta, sudah begitu sppnya hanya 75 ribu/bulan. Murah giela, ahahaha. Tapi pemandangannya lumayan bagus sih, maklum disini sektor pertanian. Guru yang pertama kali ku lihat adalah Pak Ade. Saat itu aku sedang mendaftar menjadi siswa baru. Berhubung aku ini orangnya tidak pandai bicara dan agak tertutup dengan orang yang baru dikenal, maka aku ditemani oleh ayahku. Setelah mendaftar, kami pun pulang.

Sampailah hari H atau hari test masuk. Orang yang pertama kali mengajakku berkenalan adalah Awam. Orangnya rada gendut, ga tinggi-tinggi banget. Waktu untuk ujian pun dimulai. Semua peserta test masuk ke ruangan masing-masing. Aku dapat diruang 1A, dimana ruangan ini adalah tempat dimana aku memulai kisahku di tempat ini. Guru pengawas masuk dan meminta relawan untuk memimpin berdoa. Tapi sayangnya tidak ada yang mau menjadi relawan. Entah karena masih malu-malu atau memang tidak mau, yang jelas aku yang kena karena nomor ujianku di urutan pertama. Haah sial, gara-gara ayahku tidak sabaran nih. Padahal waktu kami mendaftar, pendaftaran belum dibuka, tapi ayahku sudah mendaftarkanku. Ya sudah akhirnya aku memimpin doa. Berhubung aku “mantan” santri, maka aku memimpin doa dengan menggunakan bahasa arab. Sialnya tidak ada yang mengerti sama sekali. Haduh benar-benar hal yang memalukan bagiku.

Setelah itu kami memulai ujian kami. Matematika, bahasa inggris, bahasa Indonesia, pengetahuan soal tanaman, apa lagi ya yang diujikan, aku lupa. Yang jelas kami mengerjakan tanpa memperdulikan sama sekali. Yang paling membuatku sedikit sebal yaitu ada pengekor. Tetanggaku ikut mendaftar ke SPP. Entah karena nemnya rendah atau karena spp per bulannya yang murah, aku tidak mengerti sama sekali, yang jelas banyak teman-teman satu smpnya. Ujian 1 hari yang menyebalkan itu akhirnya selesai juga. Beruntung aku dijemput, kalau tidak bisa nyasar aku, mana aku tidak membawa uang sepeser pun lagi. Anehnya, aku santai saja, dan tidak mendaftar ke sekolah-sekolah lain.

Hari pengumuman tiba. Terpampang dengan jelas nama-nama yang masuk di bangku utama dan nama-nama yang duduk di bangku cadangan di mading yang berada tepat di depan kantor. Namaku masih masuk di baris pertama, entah dengan tetanggaku. Aku tidak terlalu begitu peduli dengannnya. Bagiku dia hanya akan mengacaukan kesenanganku saja. Yah mau bagaimana lagi, aku sudah terbiasa selalu sendiri bila mendaftar ke sekolah. Tidak ada teman yang satu asal sekolah denganku, apalagi tetanggaku. Hah parah dah ah, kalau begini aku tidak bisa terlalu bersenang-senang. Oke kita lanjutkan kisahku ke link dibawah ini, tinggal di”klik” aja kok:

Link to Hidupku semasa MOS

Link to 1A SERU!!!

Link to 2D biasa aje . . . .

Link to Kisah(sedih) Hidupku di Cilangkap

Link to FaIth_

About Sin

I'm just a Photograph... Yang jelas gue ga suka yang ribet-ribet, cukup yang simpel aja lah....

4 responses »

  1. Bowo Sparoow says:

    gw mana too, ga dcrtain siii,,,

  2. tiara nifisa says:

    background nya alay woy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s