Oke tadi gue udah ngasih gimana dan bagaimana metode menyontek itu. Sekarang gue akan memberikan tips dan trik buat mengawas ujian. Yah biar dibilang adil gitu, hehe. Yoo check this out . . . .

  1. Rancanglah urutan bangku ujian seacak mungkin. Hal ini berguna menghindari terjadinya proses nge-batik dan memanfaatkan teman.
  2. Sebelum ujian dimulai, para peserta ujian harus meletakkan tasnya di depan. Selain itu sitalah hp selama proses ujian berlangsung. Bila perlu lakukanlah penggeledahan terhadap baju, ikat pinggang dan celana peserta, dan untuk cewe, tentu pengawas cewe yang menggeledah. Seneng pikiran kalo pengawas cowo yang geledah(itu mah gue juga mau).
  3. Berkelilinglah saat ujian berlangsung. Jangan hanya diam dan makan gaji buta doang! Carilah sudut-sudut yang sangat strategis untuk menyontek, dan berhentilah agak lama pada sudut-sudut tersebut.
  4. Buatlah jebakan untuk menangkap pencontek, misalnya pura-pura keluar sebentar atau diam di belakang. Bila ada peserta yang berusaha mencari posisi pengawas, maka dapat dipastikan bahwa peserta memiliki niatan untuk mencontek.
  5. Pengawas haru mengerti ciri-ciri dari peserta yang memiliki niatan untuk mencontek, yaitu:
    1. Apabila peserta cenderung menunduk dan terlihat kurang aktivitas saat ujian, maka periksalah kolong meja ujian dan suruh ia berdiri sebentar karena dicurigai ia mencoba melihat kertas contekan yang ada dibawah meja atau diatas maupun dibawah paha.
    2. Apabila peserta nampak gelisah bila didekati dan tampak sedang melihat-lihat situasi, biasanya 99% siswa yang berperilaku seperti ini, pasti berniat untuk menyontek karena ia tampak takut dan melihat keadaan bila aman.
    3. Apabila ada peserta yang matanya sesekali melirik kekanan atau kekiri, biasanya ia berusaha untuk menyontek teman sebelahnya.
    4. Apabila peserta berbisik-bisik atau melakukan gerak-gerik yang mencurigakan, ini mungkin peserta sedang melakukan komunikasi dengan teman disekitarnya.
    5. Apabila ada peserta yang terlihat sibuk menulis kemudian diam sesaat sambil melihat kebawah kemudian sibuk menulis lagi, kemungkinan ia sedang menyalin tulisan yang ada dikertas contekannya.
    6. Perhatikan peserta yang terlihat banyak diam, karena ia sudah tidak bisa menjawab soal lagi, ini biasa terjadi di waktu hampir habis dimana peserta kebingungan mau menjawab apa lagi dan biasanya mereka menyontek dengan cara masing-masing.

About Sin

I'm just a Photograph... Yang jelas gue ga suka yang ribet-ribet, cukup yang simpel aja lah....

One response »

  1. […] ~Tips dan trik mengawas ujian Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this post. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s